September 26, 2021
Hubungi Kami: +62-81340403034

Visi

Pada tahun 2024 menjadi Fakultas Pengembang Ilmu dan Penghasil Tenaga analis Teknik, serta Guru Kejuruan yang Unggul dan Inovatif berdasarkan Mapalus.

Penjelasan:

Unggul merupakan pernyataan pengembang ilmu dan keunggulan mutu serta Ipteks yang dihasilkan Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado. Unggul terukur sesuai standar mutu pendidikan Tinggi. Keunggulan Fakultas Teknik meliputi Kompetensi Lulusan Tenaga Teknik, Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan, Penilaian Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.

Inovatif merupakan pernyataan pengembangan ilmu dan kemampuan lulusan dalam mendayagunakan kemampuan dan keahlian untuk menghasilkan karya baru guna memberikan solusi dan gagasan yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Mapalus merupakan salah satu local wisdom masyarakat di Sulawesi Utara. Mapalus juga menunjuk pada suatu sistem kerja bersama, bersama-sama bekerja untuk dan cita-cita bersama. Mapalus dalam visi pengembangan Fakultas Teknik FT Unima ke depan menjadi dasar sistem kerja dalam mengembangkan keunggulan dan inovasi untuk menempatkan Fakultas Teknik FT Unima kompetitif secara global. Mapalus dalam perspektif global sekarang dan ke depan, diberi makna sebagai global collaboration atau kerjasama global. Pengembangan Fakultas Teknik FT Unima ke depan membutuhkan kerjasama global, dan kerjasama global ini menjadi sesuatu yang imperative.

Misi

  1. Membangun atmosfir akademik yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pengajaran yang mandiri, berdaya saing tinggi, unggul, dan berjiwa entrepreneurship yang ditunjang oleh tenaga kependidikan yang mampu memberikan pelayanan prima.

  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis karakter bangsa Indonesia, tetap teguh menerapkan nilai-nilai luhur budaya bangsa dan kearifan lokal dan berdaya saing internasional.

  3. Melakukan penelitian dan pengabdian yang bermanfaat serta membagikan kepada masyarakat dan industri.

  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri , industri, serta pemerintah dan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan.

Tujuan

  1. Menghasilkanlulusantenagaahliteknikdanpendidikyangberkarakter,inovatif,dan kompetitif.

  2. Menghasilkanpenelitiandibidangkejuruanteknikyangberkualitasdanbermanfaat bagi masyarakat.

  3. Menghasilkankegiatan-kegiatanpengabdiankepadamasyarakatsebagaiwujud tanggung jawab sosial di bidang kejuruan dan ilmu teknik.

  4. Mewujudkankerjasamayangsinergisdenganlembagalain,baikdalammaupunluar negeri di bidang kejuruan dan ilmu teknik.

Sasaran

  1. Lulusan yang mampu bersaing ditingkat nasional maupun internasional.

  2. Peningkatan jumlah penelitian dan pengabdian pada masyarakat dosen yang terpublikasi dalam jurnal/prosiding terakreditasi nasional dan internasional yang bereputasi.

  3. Peningkatan jumlah penelitian dosen yang memperoleh HKI dan Paten

  4. Peningkatan jumlah penyuluhan dan pelatihan teknologi tepat guna yang dilaksanakan oleh dosen dengan melibatkan mahasiswa.

  5. Peningkatan jumlah teknologi tepatguna yang dimanfaatkan masyarakat.

  6. Peningkatan jumlah kerjasama (MOA) dengan pemerintah daerah dalam dan dunia industry dan dunia usaha dalam rangka penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta kesediaan menerima mahasiwa PKL KKN dan PPL.

  7. Peningkatan jumlah kerjasama (MOU) dengan luar negeri dalam rangka penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan pengembangan staf dosen.

Kuesioner Pemahaman Visi Misi Fakultas Teknik UNIMA