December 2, 2020
Hubungi Kami: +62-81340403034
seminar-dan-workshop-pengembangan-kurikulum-kerangka-kualifikasi-nasional-indonesia-kkni-berdasarkan-outcome-based-education-obe-di-era-kampus-merdeka

Seminar dan Workshop Pengembangan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Berdasarkan Outcome-Based Education (OBE) di Era Kampus Merdeka

Kurikulum adalah aspek utama dalam proses pembelajaran. Untuk itu dibutuhkan upaya secara berkala untuk mengembangkan serta mendesain kurikulum agar dapat sesuai dengan perkembangan zaman serta kebutuhan Industri akan lulusan nantinya. Hal inilah yang menjadi latar belakang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) serta Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado melaksanakan Seminar dan Workshop Pengembangan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Berdasarkan Outcome Based Education (OBE) di Era Kampus Merdeka.

Seminar dan Workshop yang diselenggarakan pada Hari Kamis, 5 Maret 2020 di Lt.3 Kantor Pusat UNIMA ini membahas mengenai Relevansi Kebutuhan Kurikulum PTIK berdasarkan kebutuhan Sekolah serta Tren Kualifikasi Lulusan Berdasarkan Kebutuhan Perguruan Tinggi, dengan narasumber Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Utara, Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, PT.PLN (persero), TELKOM dan. Manado Post. Materi mengenai Implementasi Kampus Merdeka Pada Kurikulum KKNI, Kurikulum KKNI OBE, dan Coaching Clinic Pengembangan Kurikulum dibawakan oleh Ketua Pengembangan Kurikulum KKNI OBE Aptikom, Prof. Ir. Teddy Mantoro, M.Sc., PH.D., SMIEE.

Prof Mantoro dalam presentasinya senantiasa mengingatkan bahwa, Mahasiswa TI harus menjadi pakar di bidangnya, sebelum mereka lulus dari universitas. Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr. Herry Sumual, M.Si yang sekaligus membuka kegiatan secara resmi, dalam sambutan dan arahannya meminta kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan workshop ini secara keseluruhan. Menurut Beliau,pelaksanaan kegiatan ini sangat penting dan tindak lanjut dari workshop ini dapat segera diimplementasikan baik dalam bentuk kurikulum di program studi masing-masing maupun model dan metode pembelajaran yang sementara diterapkan. Di sisi lain Ketua Jurusan PTIK Dr. Ronny Palilingan mengatakan bahwa workshop ini akan memberikan berpengaruh pada keseluruhan pelaksanaan proses pendidikan dan beliau berharap mahasiswa PTIK dapat memiliki kompetensi, kualitas, dan daya saing yang tidak kalah dengan lulusan yang lain.