September 26, 2021
Hubungi Kami: +62-81340403034

Sejarah Fakultas Teknik

Fakultas Teknik (FT) merupakan salah satu fakultas di Universitas Negeri Manado (FT Unima). Fakultas Teknik FT Unima (FT FT Unima) bermula dari Fakultas Keguruan Teknik dalam Lingkungan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Manado (IKIP Manado) yang mulai dirintis pada tahun 1963. IKIP Manado berasal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Tondano, yang didirikan pada tanggal 22 September 1955 bersama 3 PTPG lainnya di Indonesia (Manado, Bandung, dan Batusangkar). Sesudah itu, pada tahun 1958 PTPG Tondano dialihkan menjadi FKIP UNHAS Makasar di Tondano. Selanjutnya, diintegrasikan dengan Universitas Sulawesi Utara Tengah (Unsuluteng) menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsuluteng sesuai SK Menteri PTIP FKIP UNHAS pada tahun 1961.

FKIP Unsuluteng Manado berubah menjadi IKIP Jokjakarta Cabang Manado pada tahun 1963 dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 55 Tahun 1963 tanggal 1 Mei 1963. Selanjutnya, IKIP Jokjakarta Cabang Manado ini memiliki lima fakultas, di antaranya FKT (Fakultas Keguruan Teknik) dengan tiga jurusan yaitu, Elektro, Bangunan dan Mesin. Tidak lama berselang, ditetapkan sebagai IKIP yang berdiri sendiri menjadi IKIP Negeri Manado dengan lima fakultas, salah satunya adalah FKT. Ketetapan perubahan ini berdasarkan Keputusan Menteri PTIP Nomor 38 Tahun 1965 tanggal 8 Maret 1965 dan Keputusan Presiden RI Nomor 275 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965.

Dalam perkembangan selanjutnya, FKT berubah nama menjadi FKIT (Fakultas Keguruan Ilmu Teknik) IKIP Manado berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 042/0/1977. Pada tahun 1982, nama FKIT IKIP Manado diubah menjadi FPTK (Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan) IKIP Negeri Manado dan Jurusan Elektro menjadi Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, demikian juga Jurusan Bangunan menjadi jurusan Pendidikan Teknik Bangunan dan Jurusan Mesin menjadi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin. Perubahan nama tersebut didasari oleh Surat Keputusan Presiden Nomor 71 tahun 1982 tanggal 7 September 1982 dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0157/1983. Setahun kemudian tepatnya pada tahun 1983, Kampus IKIP Manado yang semula berada di Kleak Manado berpindah ke kampus baru di Tonsaru, Tondano. Kegiatan akademik dan administratif mulai berjalan di kampus baru pada tahun 1985.

   

     

Perkembangan akademik dan administratif yang berkembang pesat menjadikan IKIP Manado dikonversi menjadi Universitas Negeri Manado (FT Unima) pada tahun 2000 berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 127 Tahun 2000 tanggal 13 September 2000 dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Bapak Yahya Muhaimin pada tanggal 14 Oktober 2000. Konversi IKIP Manado menjadi Universitas Negeri Manado (FT Unima) juga mendapat perluasan mandat (wider mandate) untuk melaksanakan dua fungsi utama, yaitu menyelenggarakan program kependidikan dan program nonkependidikan. Hal ini menyebabkan beberapa fakultas yang ada di FT Unima mengalami perubahan nama. Berikut beberapa perubahan nama tersebut, FIP tetap, tidak mengalami perubahan nama; FPIS menjadi Fakultas Ilmu Sosial (FIS), FPBS menjadi FBS (Fakultas Bahasa dan Seni); FKIE menjadi FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam); dan FPTK (Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan) menjadi Fakultas Teknik (FT).

Akhirnya, pada awal Tahun 2018, Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado (FT FT Unima) telah memiliki lima Jurusan dan sembilan Program Studi, yaitu (1) endidikan Teknik Elektro; (2) Pendidikan Teknik Bangunan; (3) Pendidikan Teknik Mesin; (4) Pendidikan Kesejahteraan Keluarga; (5) Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi; (6) Teknik Informatika; (7) Teknik Sipil; (8) Arsitektur; dan (9) Teknik Mesin.