June 5, 2020
Hubungi Kami: +62-81340403034
hardiknas-2020

Upacara Memperingati Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2020 Digelar Secara Terpusat, Sederhana, dan Khidmat di Masa Darurat Covid-19

Gerimis di pagi hari, tidak mengurangi semangat para petugas dan peserta upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 di Halaman Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud) Jakarta, pada Sabtu (02/05/2020). Mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak berkumpul di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), upacara digelar secara sederhana, terpusat, dan terbatas tetapi tetap khidmat.
dan peserta upacara lengkap menggunakan masker dan sarung tangan serta diperiksa suhu tubuhnya sebelum memasuki lapangan upacara sebagai bentuk mematuhi protokol kesehatan.

Dalam kesempatan ini, selaku pembina upacara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim hadir melalui tayangan telekonferensi dari kediamannya. Ia mengajak seluruh insan pendidikan di tanah air mengambil hikmah dan pembelajaran dari krisis Covid-19.

“Saat ini kita sedang melalui krisis Covid-19. Krisis yang memakan begitu banyak nyawa. Krisis yang menjadi tantangan luar biasa bagi negara kita dan seluruh dunia. Tetapi, dari krisis ini kita mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa kita terapkan saat ini dan setelahnya,” ujar Mendikbud.

Di samping itu, Mendikbud juga mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan untuk selalu berinovasi di tengah pandemi Covid-19. “Belajar memang tidak selalu mudah, tetapi inilah saatnya kita berinovasi. Saatnya kita melakukan berbagai eksperimen. Inilah saatnya kita mendengarkan hati nurani dan belajar dari Covid-19,” tutur Mendikbud.

Di akhir pidatonya, Mendikbud berterima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya para insan pendidikan yang telah mengikuti arahan Presiden Joko Widodo untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta tetap belajar, bekerja, dan beribadah di rumah saja. “Semoga kita semua diberikan kesehatan, kekuatan, dan semangat agar bisa melalui masa sulit ini,” pesan Mendikbud.

UNIMA turut serta dalam Upacara Memperingati Hardiknas 2020

Rektor Universitas Negeri Manado Julyeta P.A. Runtuwene, dalam Surat Edaran Rektor Nomor 1035/UN41/TU/2020, berpedoman pada Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat COVID-19, dan menindaklanjuti Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 42518/MPK.A/TU/2020 Tanggal 29 April 2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020.
Rektor menghimbau civitas akademika UNIMA untuk menyaksikan serta mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari kediaman masing-masing dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020.

Selaku seluruh civitas akademika FATEK UNIMA, mengucapkan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional 2020. 
Berjayalah Pendidikan Indonesia!

Sumber : 
www.kemendikbud.go.ig (SIARAN PERS Nomor : 097/Sipres/A6/V/2020), Tim Editor Website Fatek UNIMA

Leave a Reply